Senin, 19 Oktober 2020

PELAJARAN 3 SUBTEMA ASMAUL HUSNA KELAS VI


 


A. Asmaul Husna

1. Makna Asmaul Husna

Asma’ul husna merupakan nama-nama Allah, Tuhan Semesta Alam, yang indah dan baik. Asma artinya nama dan husna artinya adalah “yang baik atau yang indah”. Jadi, Asma’ul Husna artinya adalah nama nama Allah yang baik lagi indah.

Asmaul Husna, berasal dari bahasa arab yang merupakan gabungan dari 2 kata yaitu al-Asma’ & al-Husna. Al- Asma’ merupakan bentuk jama’ dari ismun yang artinya adalah nama. Sedangkan al-Husna ialah bentuk mashdar dari al-Ahsan yang artinya baik, bagus/indah.

Pendapat lain mengatakan, Asmaul Husna ialah nama-nama Allah yang terbaik dan juga agung, yang sesuai dengan sifat-sifat Allah SWT yang jumlahnya ada 99 nama.

Asmaul Husna merujuk kepada nama-nama, gelar, atau sebutan sekaligus sifat- sifat Allah Azza Wa Jalla yang indah dan baik.


2. Dalil Tentang Asmaul Husna

Allah SWT berfirman yang tertulis di dalam Kitab Al Qur’anul Karim :


Arab-Latin: Wa lillāhil-asmā`ul-ḥusnā fad’ụhu bihā wa żarullażīna yul-ḥidụna fī asmā`ih, sayujzauna mā kānụ ya’malụn


Terjemah : “Hanya milik Alloh Asmaa-ul Husna, maka berdo’alah kamu dengan Asmaa-ul Husna . Tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (Menyebut) Nama-Nama-Nya itu, nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan”. [QS Al A’rof : 180]


Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :


“Sesungguhnya Allah memiliki sembilan puluh sembilan [ 99 ] Nama, siapa yang menghafal nya masuk surga. Bahwasanya Allah itu Maha Ganjil dan menyenangi kepada yang ganjil”. [HR. Ibnu Majah]


Nama Allah yang mulia dan agung (Asmaa-ul Husna) merupakan kebesaran dan kekuasaan Allah Azza Wa Jalla, sebagai pencipta dan pemelihara alam semesta dan apa-apa yang ada di dalamnya.


Bagi kita (muslim) salah satu cara mengenal Allah SWT adalah dengan mempelajari sifat-sifat Allah dan juga mengenal 99 Asma Allah (Asmaa-ul Husna).


Cimahi, 19 Oktober 2020



Penulis



0 komentar:

Posting Komentar